October 28, 2024

Pusat Anti Petir

Spesial Jasa Pemasangan Penangkal Petir

Peralatan Sistem Grounding

Grounding Rod

Grounding rod atau safety grounding rod merupakan sebuah elemen yang penting untuk keamanan dan keselamtan bagi sebuah bangunan. Sistem penangkal petir sangat bergantung kepada salah satunya adalah kepada elemen ini. Fungsinya adalah mentransfer excess atau kelebihan arus yang diakibatkan oleh naik turunnya tegangan dari arus PLN akibat gelombang elektromagentik yang dipancarkan oleh petir. Dengan pemasangan dan pemilihan bahan yang tepat sebagai grounding rod yaitu copper rod atau tembaga murni , diharapkan kerusakan kepada alat dapat diminimalisir.

Bak Kontrol Grounding


Bak Kontrol Grounding  ini dipergunakan sebagai titik inspeksi sistem grounding dan proteksi petir. Terbuat dari PVC dan tahan terhadap panas dan air. Produk ini sangat praktis untuk dipergunakan sebagai pengganti lubang kontrol untuk sistem grounding yang terbuat dari semen.

Klem Ubolt 2 Hole 

Klem Ubolt 2 Hole Tembaga ini diperlukan untuk menghubungkan Kabel dari Terminal Grounding dengan Ground Rod pada instalasi Parallel yang dapat disesuaikan dengan ukuran kabel dan Ground Rod atau Earth Rod. Terbuat dari tembaga yang dapat memaksimalkan daya hantar dan dikombinasikan dengan ubolt yang terbuat dari stainless steel.
Bentonite powder 

Bentonite Powder/Semen Konduktif

Semen ini berfungsi untuk membantu menurunkan resistasi tanah sehingga menambah kelembaban tanah. Produk tersebut sangat cocok di gunakan di daerah bebatuan, pasir, kapur dan lain sebagainya yang pada umumnya sangat sulit untuk mendapatkan nilai resistansi yang rendah. Produk ini sering dipakai untuk instalasi grounding listrik dan penangkal petir.

Ground Rod Coupler

Alat lain yang sangat penting untuk membantu instalasi grounding rod adalah ground rod coupler atau shock as grounding. Alat ini berfungsi untuk menyambungkan beberapa komponen ground rod atau copper rod saat dimasukkan ke tanah. Dengan adanya alat ini, maka ground rod dan copper rod yang masuk ke tanah lebih panjang.

Misalnya saja, copper rod yang ada di pasaran umumnya hanya memiliki panjang sebesar 4 meter. Sementara kedalaman pemasangan copper rod terkadang bisa mencapai 12 meter. Dengan adanya ground rod couple, maka pemasangan sangat panjang juga bisa dilakukan.

Grounding Rod Drive Head

Sedikit berbeda dari grounding rod drilling head, grounding rod drive head atau dipasaran di kenal dengan sebutan driving harus dipasang pada sisi atas dari ground rod dan copper rod. Tujuan penggunaan drive head adalah untuk mencegah timbulnya kerusakan dari ground rod dan copper rod pada sisi atas saat dimasukkan ke dalam tanah. Saat dibenamkan ke dalam tanah, ground rod dan copper rod akan dipukul dengan kuat agar tembus masuk ke dalam tanah.

Alat drive head akan melindungi ground rod dan copper rod agar tidak langsung terkena pukulan.Grounding rod drive head sangat penting untuk diaplikasikan pada copper rod yang terbuat dari tembaga asli. Hal ini mengingat tembaga asli memiliki sifat lebih lunak dibandingkan logam lain seperti besi. Oleh karena itu, drive head akan melindungi sisi atas copper rod agar tidak rusak dan mudah dipasang klem cincin.

WhatsApp Konsultasi Melalui Whatsapp